Tips dan Cara Mengobati Cedera Saat Berolahraga

Posted on

Cara Mengobati Cedera Saat Olahraga – Pengetahuan mengenai cara mengobati cedera saat berolahraga adalah hal yang sangat penting, karena cedera dapat dialami oleh siapa saja dan dalam aktifitas olahraga apa pun. Cedera yang dimaksud di sini adalah cedera ringan yang dapat diobati sendiri tanpa harus pergi ke dokter atau pusat perawatan kesehatan, seperti terkilir, memar, keseleo, atau pegal-pegal biasanya di bagian tubuh tertentu. Selain itu, pengetahuan ini juga dapat mencegah terjadinya cedera yang lebih serius karena penanganan yang salah.

Jika mengalami cedera saat berolahraga, pastikan Anda memperhatikan dan melakukan cara-cara di bawah ini:

Pertama, Segera hentikan aktifitas berolahraga saat rasa nyeri, pegal atau sakit mulai terasa di bagian tubuh tertentu. Hindari menekan secara berlebihan, memberi beban atau memaksa bergerak bagian tubuh tersebut. Hal ini untuk dimaksudkan untuk mengurangi resiko cedera bertambah menjadi lebih parah.

Sambil beristirahat, cobalah untuk menilai seberapa tingkat rasa sakit yang dirasakan dan amati apakah ada perubahan dari bentuk tubuh di area rasa sakit. Bila tidak tertahankan atau merasa ada sesuatu yang sangat parah sebaiknya segera pergi ke dokter atau menuju pusat perawatan kesehatan agar mendapatkan penanganan secara profesional.

Kedua, bila ternyata rasa nyeri, pegal atau sakit masih dianggap biasa dan kita masih bisa menahannya, langkah selanjutnya adalah melakukan pengompresan dengan es batu pada area yang dirasa sakit. Bungkus terlebih dahulu es tersebut dengan handuk sebelum menempelkannya, pengompresan langsung dapat berakibat fatal loh, terutama pada rusakannya jaringan tubuh karena suhu dingin.

Lakukan pengompresan selama sekitar 5 menit, kemudian lepas lalu kompres kembali. Pengompresan dapat dilakukan sesering mungkin dalam 1×24 jam, namun durasi menempelnya es dengan kulit sangat disarankan untuk tidak terlalu lama. Selanjutnya, lakukan penilaian sendiri apakah rasa nyeri, pegal atau sakit berangsur membaik atau tidak.

Ketiga, beri sedikit tekanan ringan atau pijatan lembut pada bagian tubuh yang dirasa sakit. Jika dimungkinkan, gunakan juga perban elastis yang dikhususkan untuk cedera agar tekanan lebih merata. Namun, hindari tekanan atau pijitan yang terlalu keras, karema akan memperburuk kondisi cedera itu sendiri.

Keempat atau yang terakhir, coba untuk mengangkat bagian tubuh yang dirasa sakit ke posisi yang lebih atas dan lebih nyaman. Lakukan langkah ini dengan proporsional dan sewajarnya, misalnya saja cedera pada lengan tangan, maka saat kita beristirahat, luruskan tangan dan ganjal sedikit dengan bantal empuk yang tidak terlalu tebal. Ini akan memberikan rasa nyaman pada bagian tubuh yang cedera.

Sekali lagi perlu diingat, cara-cara di atas hanya digunakan untuk mengobati cedera saat berolahraga yang sifatnya ringan. Cedera-cedera berat, seperti patah tulang, luka terbuka atau lepasnya sendi harus ditangani secara serius dan profesional oleh tenaga medis. jika hingga seperti itu ada baiknya segera larikan ke rumah sakit ataupun klinik terdekat.

 Baca Juga : 

Kemudian, apabila ternyata rasa sakit justru semakin bertambah atau disertai dengan keluhan-keluhan lain yang muncul belakangan, seperti demam, bengkak semakin besar atau adanya bunyi yang muncul saat bagian tubuh digerakkan, maka segera hentikan cara-cara di atas, kemudian lakukan pemeriksaan di pusat perawatan kesehatan yang paling dekat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *