Penjelasan otot trapezius dan variasi latihan otot trapezius

Tips Membentuk Otot Leher/Trapezius – Tubuh adalah aset yang paling berharga disetiap orang, entah itu wanita atau pria. Dari usia remaja hingga yang usia lanjut, mereka semua menginginkan dan mengusahakan tubuh agar proposional.Terkadang cara yang banyak diambil untuk meningkatkan proposional tubuh ialah dengan mendatangi tempat nge- Gym yang sudah memiliki pemandu fitness yang berkulitas.

Cara – cara tersebut bukan lain bukan tidak hanyalah untuk terlihatmenawan dimata orang yang memandang.Khususnya pada kaum lelaki yang berkeinginan menarik pasangan, pasti akan memfokuskan penampilanbentuk tubuh mereka. Baik itu badan bagian, perut, dada, ataupun  tubuh pada bagian bahu,sebab bahu lebih menciptakan gambaran fisik secara ilusi.

Dapat kita lihat  pada setiap binaragawan, atlet atau pencinta binaraga yang memiliki otot bahu yang terbentuk dan terlatih dengan baik akan selalu mempunyai keuntungan baik dalam mengikuti pertandingan di mana ia akan memiliki nilai tinggi dalam penilaian simetri tubuh atau bagi para pencinta binaraga, akan memberi kesan gagah,macho,lebih bugar, awet muda, dan nampak sexy bila dipandang.

Artikel Latihan Lainnya :

Menurut pendapat kebanyak orang keuntungan dari nge-gym sendiri juga dirasa cukup efisien dan hemat biaya plus waktu. Karena sudah disediakan alat-alat yang mendukung latihan dalam satu tempat, dan juga kita bisa saling berbagi ilmu latihan dan gerakan dengan teman gym lainnya. So latihan di tempat nge-gym sangat direkomendasikan sekali.

Diluar daripada itu, otot bahu sendiri secara anatomi terbagi menjadi dua bagian besar. Yakni deltoid yang diantaranya seperti Otot bahu, depan dan belakang yang membulat, dan trapezius antara lain seperti Otot pundak yang memanjang mulai dari leher bagian belakang sampai ke punggung tengah.

Lalu untuk latihannya, latihan untuk otot bahu pada prinsipnya dibagi menjadi dua latihan yaitu latihan dengan gerakan raises dan presses. Dimana kedua gerakan tersebut terdapat sedikit perbedaan, namun hasil yang diperoleh nantinya hampir sama. Pada Latihan dengan gerakan raises, jenis latihannya dapat dilakukan dengan menggunakan dumbell, barbell, maupun cable.

Anda bisa mengawali gerakan dengan posisi tangan lurus kebawah kemudian angkat bebandengan posisi tangan tetap lurus sampai sejajar dengan otot bahu. Kegunaan dari gerakan ini adalah guna memberikan tekanan yang didapat secara total untuk diterima oleh otot bahu. Dengan kata lain latihan raises merupakan jenis latihan yang mencangkup pada otot bahu saja.

Sementara itu untuk latihan dengan gerakan presses bisa dilakukan dengan menggunakan barbell, dumbell atau mesin.Caranya bisa dimulai dengan posisi siku anda bengkokkan  dan posisi beban sejajar bahu, kemudian angkatlah beban ke atas sampai posisi tangan lurus. Jenis latihan presses selain memberi tekanan utama pada otot bahu juga memberi tekanan pada otot triceps.

Pengertian dan Penjelasan Otot Trapezius

Terkhusus untuk bagian otot trapezius latihan yang sering digunakan adalah shrugs. Shrugs merupakan latihan yang mengutamakan pembentukan otot pundak, anda dapat melakukan shrugs dengan menggunakan plat barbell atau dumbbell sebagai variasi.

Dan perlu Anda ketahui, otot trapezius akan sangat membantu penampilan otot bahu. Namun perkembangannya harus seimbang dan ideal. Jangan sampai perkembangan otot trapezius melebihi ukuran dari otot bahu. Apabila hal tersebut terjadi maka bukannya membantu penampilan otot bahu, namun malah membuat otot bahu terlihat kecil dan pundak akan terlihat bagaikan punuk unta karena terlalu besar dibanding otot pundaknya.

Agar tak terjadi perkembangan otot trapezius yang tak proposional, anda bisa mengimbanginya dengan melatih “otot bahu” juga. Contohnya shoulder pressing, gerakan yang memiliki 2 variasi. Variasi pertama hanya untuk otot bahu bagian samping saja, serta variasi kedua yang dapat melatih otot bahu depan dan samping pada satu latihan. Gerakannya bisa anda lihat di youtube apabila kurang jelas dan ingin mengetahuinya.

Kabarnya gerakan latihan ini tidak hanya baik untuk kaum laki – laki tapi juga baik untuk kaum wanita loh sobat. Membantu memperbaiki postur tubuh berbentuk seperti buah pir yaitu bahu sempit dan pinggul lebar. Dengan berlatih bahu secara baik dan optimal, proporsi tubuh diharapkan dapat membaik. Namun hal yang perlu diingat bahwa sebaiknya kaum wanita tidak perlu keseringan melatih otot trapezius karena akan mengurangi keindahan bentuk tubuh.

Gimana? Tak kalah keren bukan? jika para wanita memiliki otot trapezius layaknya pria berotot lainnya. Lantas bagaimana sih varian latihan otot trapezius tersebut? Ataukah anda malah belum pernah sama sekali mengetahui gerakkannya? Baiklah kalau begitu kami akan memberika ulasan singkat mengenai variasi latihan otot trapezius. Yuk simak dibawah ini!

Berbagai Pilihan Latihan Membentuk Otot Trapezius

1. Barbell Upright Row

Langkah – langkahnya ialah :

  1. Sediakan barbell, kemudian berdirilah dengan tegap
  2. genggam barbell dengan genggaman tangan menghadap ke bawah, perhatikan jarak antar genggaman sekitar 20 cm.
  3. angkat barbell ke atas sampai tepat di depan dada, usahakan badan tetap tegak saat mengangkat barbell sambil menghembus nafas saat melakukannya.
  4. Lakukan berulang ulang hingga beberapa kali.

2. Barbell Front Press

Langkah – langkahnya ialah:

  1. Sediakan barbell, kemudian berdiri tagap
  2. Ambil barbell dan angkat dengan kedua tangan, mengangkatnya tangan tetap lurus kebawah. jadi sejajar dengan tubuh bagian depan.
  3. Setelah posisi badan sudah tegap dan tangan masih mengangkat barbel. Angkat lagi dengan cara membuka tangan ke depan. Jadi posisi tangan tegap lurus dengan badan, dan barbell sejajar dengan dada.

Kemudian untuk lebih menunjang dan mempercepat perubahan bentuk tubuh, konsumsilah makan – makanan yang bergizi, banyak mengandung zat besi, vitamin, dan lain sebagainya, pokoknya yang 4 sehat lima sempurnalah sobat. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain makanan yang dikonsumsi, yakni banyak lah minum air mineral.

Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan selanjutnya ialah hindari gaya hidup tidak sehat, seperti mengkonsumsi minuma beralkohol, makanan instan dan cepat saji, dan semacamnya. Sebaiknya tingggalkan itu semua demi proses merubah bagian tubuh anda lebih maksimal dan tidak sia – sia.

Coba saja bayangkan, anda sudah banyak melakukan latihan dan gerakan fitness, sudah bolak balik sampai panas kehujanan hujan kepanasan bela-belain pergi ke tempat fitness. Tapi diluar waktu latihan anda masih menerapkan gaya hidup tidak sehat, ngemil sembarangan dengan jumlah yang berlebihan. Pasti akan sia – sia bukan semua itu.

Nah itu dia variasi latihan otot trapezius dan beberapa tips tambahan agar otot trapezius berkembang lebih baik lagi. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami. Selamat mencoba!

Incoming search terms:

/* */