Tips Untuk Memulai Senam Yoga Bagi Pemula

Mulai Berlatih Yoga untuk Pemula – Banyak orang ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan jiwa yang lebih tenang dari berbagai kegiatan olahraga, dan hal itu bisa anda dapatkan dengan mulai berlatih senam yoga. Saat ini cukup banyak orang yang ingin memulai berlatih yoga baik secara mandiri dengan melihat berbagai tutorial di internet maupung mengikuti sebuah kelas yoga. Namun beberapa dari mereka merasa ragu-ragu. Biasanya alasan-alasan yang menyebabkan antara lain : takut terlihat kaku, terlalu gemuk, kurang lentur, mengira bahwa gerakan yoga sulit karena tubuh sepertinya dilipat-lipat, bahkan ada yang merasa kurang bertenaga. itulah biasanya pemikiran tentang yoga untuk pemula.

Sebenarnya keraguan tersebut tidak perlu karena yoga bukanlah olahraga yang kompretitif. Lagi pula saat berada di sebuah kelas yoga, masing-masing peserta yoga berusaha untuk meditatif/fokus pada dirinya sendiri, sadar dan menghayati setiap gerakan yang dilakukan, sambil menyelaraskan dengan pernafasan yang lembut juga perlahan. Hal ini dilakukan supaya bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari berlatih yoga. Sehingga mereka tidak sempat berlama-lama memperhatikan peserta yang lain. Kenyataan yang sudah terjadi : seiring dengan seringnya berlatih yoga dengan sungguh-sungguh, saat itu pula setiap individu menjadi semakin luas kesadaran dirinya, sehingga tumbuhlah kepribadian yang memiliki empati tinggi, kasih sayang dan saling menghormati.

Yoga sendiri pada dasarnya bukan hanya memiliki manfaat untuk membentuk tubuh tapi juga dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, menguatkan postur tubuh, mengatasi berbagai masalah kesehatan, mengurangi stress, mempermudah pengendalian diri. Jadi tidak ada alasan untuk tidak segera memulai yoga. Kalaupun karena pertimbangan kesibukan dan jarak tempuh dengan tempat berlatih yoga, anda dapat segera mulai berlatih sendiri di rumah, tentu saja setelah beberapa kali ikut kelas yoga sehingga sudah mampu melakukan meditasi sendiri, melakukan beberapa asanas dengan benar dan mengerti tehnik bernafas yang benar.

Berikut beberapa tips untuk memulai senam yoga bagi pemula :

Pertama-tama perlu juga anda mengerti bahwasanya yang namanya ‘ahli yoga’ sebenarnya tidak ada. Para guru dan pelatih pun selalu masih bisa menemukan berbagai variasi gerakan yang mendatangkan manfaat yang berbeda. Senam Yoga adalah sarana untuk lebih mengenal diri, melakukan improvisasi dan koreografi sebagai upaya untuk menemukan gerakan yang bermanfaat, meningkatkan kualitas kesehatan jiwa raga, menenangkan pikiran dan hati serta memperluas kesadaran.

Intinya adalah Anda jangan terlalu banyak berpikir saat hendak memulai melatih sebuah pose, lakukan saja! Ikuti semua petunjuk keamanan gerakan dan biarkan tubuh anda menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan senam yoga.

Pahami juga bahwa tidak akan ada yang menghakimi anda saat di kelas yoga. Mungkin saja ada murid yang lebih mahir dan fleksibel dalam melakukan pose-pose yoga, tetapi ketika latihan dimulai, semua orang akan sibuk berkonsentrasi berlatih. Jadi siapa yang akan memandangi dan memperhatikan anda ?

Berlatihlah dengan pikiran dan hati yang terbuka dan sabar. Jangan terlalu terburu-buru memiliki fikiran yang akan menghakimi bahwa sebuah sesi yoga sebagai ‘ tidak ada gunanya’. Pahami bahwa yoga adalah sebuah proses yang relatif panjang dan manfaatnya akan terlihat sedikit demi sedikit di setiap sesi-sesi Anda berlatih .

Yoga telah dipraktekkan selama ribuan tahun dan telah membawa manfaat bagi banyak orang. Mulailah latihan senam yoga dengan prasangka baik dan jangan lewatkan menjadi individu yang lebih baik dengan berlatih senam yoga.

Berbagai Manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mulai berlatih senam yoga pemula :

1. Tubuh Menjadi Lebih feksibel

Manfaat pertama yang bisa di dapatkan dari berlatih senam yoga pada pemula adalah badan yang terasa lebih fleksibel, mungkin padda awal latihan anda belum mampu menyetuh bagian ibu jari kaki Anda dan akhirnya Anda bisa berhasil menyentuh jempol kaki, Anda juga bisa merasakan rasa nyeri dan pegal di tubuh mulai hilang

2. Tubuh Terasa Lebih Kuat

Memiliki otot tubuh yang kuat tentunya akan membuat tubuh Anda terlihat lebih menarik. Otot yanng sehat dan terlatih akan membuat tubuh terhidar dari penyakit seperti artritis dan nyeri punggung serta mudah terjatuh ketika nanti lansia, Dengan membangun kekuatan saat berlatih senam yoga, Anda turut menyeimbangkan dan fleksibilitas.

3. Membantu Memperbaiki postur Tubuh

Perlu di ketahui, sebenarnya kepala kita itu seperti bola bowling yang besar dan berat ? butuh keseimbangan yang tinggi yang sebenarnya dibutuhkan bagi tulang punggung dan otot-otot punggung agar dapat menyangganya, jadi bukan hal yang mustahil jika anda merasa kelelahan. Dengan melakukan latihan yoga anda bisa membantu memperbaiki postur dan mencegah nyeri, kelelahan, dan juga artritis gara-gara postur yang buruk.

5. Melancarkan peredaran darah

Yoga melatih Anda rileks. Latihan rileksasi itu membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki. Yoga juga membantu oksigen untuk masuk ke dalam sel. Pose twist baik untuk membawa darah ke organ-organ dalam dan mengalirkan ke luar setelah pose itu selesai. Pose headstand, handstand, dan shoulderstand membantu membawa darah dari kaki dan panggul ke jantung dan dari situ dipompa ke paru-paru, sehingga mendapat oksigen segar. Yoga juga meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan.

6. Melindungi persendian dari rematik dan artritis

Setiap kali anda berlatih yoga, Anda melatih berbagai persendian yang terdapat di dalam tubuh untuk bergerak dengan jangkauan yang penuh, ini juga dapat mencegah penyakit artritis degeneratif dengan gerakan otot yang ” memeras dan merendam” daerah kartilage yang cukup jarang digunakan. bagian kartilage ini seperti spons yang menyerap nutrisi hanya ketika cairan dikeluarkan Tanpa latthan, jaringan itu akan lapuk dan meninggalkan tulang tanpa bantalan.

7. Melindungi tulang punggung
8. Mencegah osteoporosis
9. Membersihkan limfa
10. Melindungi jantung
11. Menurunkan tekanan darah
12. Menjaga memori

 

Demikianlah informasi yang dapat tim informasi senam dan olahraga bagikan mengenai tips memulai senam yoga untuk pemula baik itu dalam segi pemikiran di awal sebelum benar-benar melakukan latihan ini, tidak ada salahnya anda mengisi kegiatan positif seperti berlatih senam yoga ini untuk mengisi waktu luang dan juga melatih tubuh dan jiwa anda,  Semoga bermanfaat terimakasih.

Incoming search terms:

/* */