Tips Latihan Lompat Tali (Skipping) Untuk Kesehatan Tubuh

Tips Cara Melakukan Lompat Tali – salah satu pilihan metode latihan terbaik yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang dan mencari keringat adalah dengan Olahraga Lompat tali atau yang sering disebut juga skipping, kegiatan yang hanya dengan menggunakan perantara tali dan mengayunkan lengan dengan memutar ke arah depan dan belakang dan tubuh melompat menghindari tali yang berputar ini dapat dengan mudah anda lakukan ditengah-tengah waktu kesibukan anda yang padat. Hanya membutuhkan waktu antara 5 hingga 15 menit anda dapat membuat aktivitas jantung dan tubuh anda sehat dan bugar.

Latihan Skipping atau loncat tali ini merupakan olahraga umum yang sering dijumpai di pekan kegiatan olahraga atau bahkan di acara-acara sehat yang biasa di lakukan setiap kota (Car Free Day). Dimanapun dan kapanpun anda bisa menggunakan alat lompat tali ini, dengan melakukan skipping juga banyak manfaat yang bisa di dapatkan seperti merangsang pertumbuhan tulang, memadatkan tulang, meningkatkan aktifitas dan kesehatan jantung, dan meningkatkan stamina, memperkuat otot betis, paha, abdominal (otot perut), punggung, dada dan bahu. Melakukan latihan skipping ini juga memiliki teknik dan form agar anda terhindar dari cidera dan berbagai resiko lainya, melakukan latihan lompat tali ini juga sangat bagus dilakukan pada pagi hari dengan pancaran sinar matahari pagi yang banyak manfaatnya bagi tubuh.

Mendapatkan tubuh yang semakin sehat ditambah dengan pancaran sinar matahari pagi anda akan mendapatkan suber Vitamin D terbaik, Vitamin D ini bermanfaat dalam membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dalam proses pertumbuhan. Selain itu perlu diketahui juga dengan Anda melakukan latihan skipping ini selama 10 menit sama saja anda melakukan latihan berlari kencang selama 45 menit!.

Jadi sudah jelas bukan latihan skipping ini merupakan salah satu aktivitas olahraga terbaik juga gratis, dapat dilakukan dimana saja dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, serta di saat melakukan skipping banyak otot tubuh yang ikut terlibat  mengikuti gerakan. Berikut ini rangkuman senamsehat mengenai aktivitas olahraga latihan lompat tali,

Tips urutan yang benar melakukan aktivitas olahraga lompat tali :

  1. Biasakan melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga
  2. Peregangan di bagian otot kaki dan tangan
  3. Latihan Lompat tali (skipping)
  4. Pendinginan
  5. Peregangan

Tips Cara Teknik Melompat

  1. Pertama tama sebelum melakukan aktivitas ini anda perlu menyiapkan alat (skipping) ini dengan ukuran tinggi badan anda, panjang tali di sesuaikan juga ketika anda melompat.
  2. Pegang handel tali/ujung tali pada setiap sisi tangan, posisikan lengan atas anda rapat dengan tubuh dan siku sejajar dengan pinggang anda. Berdirilah dengan posisi kaki yang sedikit jinjit dan lutut anda sedikit ditekuk. Usahakan torso dan kepala Anda tetap tegak tetapi tetap rileks, pandangan lurus kedepan.
  3. Tempatkan skipping/tali di bagian belakang tubuh sebelum memulai melompat, posisi ini juga disebut dengan posisi awalan.
  4. Gerakkan pergelangan tangan Anda secara bersamaan untuk memutar tali.
  5. Ushakan tubuh anda melompat dan membiarkan tali melewati bagian bawah anda ketika menyentuh lantai. Jangan terlalu tinggi ketika melompat dengan maksimal lompatan hanya 2,5 cm saja dari lantai. Pertahankan posisi kaki anda tetap jinjit ketika mendarat, jangan sampai tumit anda terlebih dahulu yang turun. Dan jika lompatan anda gagal, atau tali membelit kaki anda, latih dengan melakukan jalan ditempat sambil memutar tali.

Catatan ketika anda melakukan Lompat Tali :

  • Ketika anda memulai lompat tali ini mulai dengan gerakan tali yang memutar secara perlahan, lalu semakin cepat sesuai dengan kemampuan anda hingga maksimal, selanjutnya ketika anda akan berhenti turunkan kecepatan putaran tali dengan perlahan hingga melambat, jangan langsung berhenti!
  • Hindari melakukan lompatan yang terlalu tinggi dan mendarat dengan bagian kaki yang salah (tumit terlebih dahulu) mendarat dengan bagian tumit ini beresiko dapat menyebabkan cedera pada bagian lutut juga pergelangan kaki Anda, mendaratlah dengan lutut yang lurus.
  • Jika memang anda sebaiknya melakukan lompat tali ini dengan sepatu yang memiliki bantalan kaki yang tidak keras.

Berbagai Macam Manfaat Olahraga Lompat Tali :

1. Mampu menambah tinggi badan dengan melakukan latihan olahraga skipping/lompat tali ini secara rutin dan teratur secara tidak langsung anda juga dapat menambah tinggi badan anda, terutamanya lagi ketika dilakukan pada pagi hari dengan mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi.

2. Menurunkan berat badan tubuh melakukan olahraga ini tentunya akan menggerakan seluruh tubuh anda, sehingga lemak di tubuh anda akan ikut terbakar, menurut kabar yang beredar dengan melakukan olahraga skipping ini dalam kurun waktu satu jam, itu mampu membakar kalori tubuh hingga kurang lebih 1000 kalori. Selain itu terjadi juga pembakaran lemak di tubuh melalui keluarnya keringat.

3. Merupakan pilihan aktivitas olahraga yang gratis tetapi cukup efektif dalam membantu menyehatkan tubuh dan membakar lemak tubuh untuk mendapatkan badan ideal sebagai pembantu proses diet.

4. Mengencangkan Otot Tubuh dengean melakukan gerakan lompat tali/skipping secara benar, maka otot – otot tubuh anda akan secara otomatis menjadi lebih kencang dan tertarik. Hal ini lebih utama ada pada bagian otot-otot kaki dan bagian bawah lainya, selain itu bagian otot bahu, belikat juga akan menjadi lebih kencang karena kekuatan tangan merupakan poros dari putaran tali skipping tersebut.

5. Membentuk tubuh ketika anda melakukan latihan lompat tali ini secara rutin dan teratur bagian-bagian tubuh di sekitaran otot yang terus bekerja ketika lompat tali akan semakin bagus, biasanya pada bagian otot kaki akan terlihat lebih kencang dan ramping tanpa ada lemak di bagian betisnya. Serta pada bagian lenganpun akan semakin terlihat besar dan berbentuk karena mengikuti gerakan skipping.

6. Meningkatkan energi dan stamina tubuh skippig ini dapat membantuk meningkatkan stamina dan energi di tubuh, pada dasarnya melakukan aktivitas olahraga skipping ini tubuh akan membutuhkan banyak energi di setiap gerakannya, maka secara langsung latihan ini akan membiasakan tubuh mengeluarkan energi dan stamina ekstra yang tersimpan, sehingga energi yang keluar tadi akan berkelanjutan meningkat di hari selanjutnya.

7. Membantu Mencegah Osteoporosis dalam hal ini olahraga lompat tali yang dilakukan secara rutin dapat bermanfaat mencegah  osteoporosis di masa mendatang, Masalah Osteoporosis sendiri adalah kondisi dimana mulai terjadinya kerapuhan atau pengeroposan di bagain tulang dan juga sendi. dengan melakukan aktivitas olahaga salah satunya adalah lompat tali anda akan dapat meningkatkan kualitas dan kepadatan tulang.

8. Meningkatkan kinerja otak dengan sering melakukan latihan lompat tali anda akan melatih kinerja otak anda secara, ketika melakukan aktivitas olahraga skipping anda akan mengkombinasikan setiap lompatan sesuai irama dan gerakan, ketepatan waktu ketika melewati rintangan secara bersamaan dengan putaran tali. Hal ini membuat otak bekerja lebih keras berusaha setiap gerakan yag terjadi tepat, sehingga memiliki imbas pada kinerja otak kita akan terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat. Koordinasi antara tubuh yang baik dengan kemampuan gerak reflexs lalu juga pada keseimbangan tubuh.

9. Menyehatkan kulit lompat tali juga dapat membantu meningkatkan aktivitas pergerakan sirkulasi darah, dari aktivitas terus bergerak melompat menghindari rintangan tali yang lewat jantung anda akan beraktivitas lebih daripada biasanya sehingga penyebaran darah keseluruh tubuh juga ikut berjalan cepat, sehingga nutrisi juga lebih banyak di sebarkan ke seluruh tubuh dan diserap oleh tubuh.

 

Incoming search terms: