Memilih Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga Beserta Alasan

Memilih Waktu yang Tepat Untuk Olahraga – Beberapa peneliti menuliskan bahwa dipagi pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk memulai kegiatan berolahraga, mengapa demikian? Jika memulai berolahraga di saat pagi hari akan membuat Anda merasa lebih konsisten dengan olahraga yang anda lakukan, karena ketika melakukan olahraga di pagi hari pikiran tidak dialihkan dengan berbagai kegiatan atau apapun yang dapat mengganggu waktu olahraga. Tak hanya itu, anda bisa meningkatkan produktivitas sepanjang hari dan meningkatkan konsentrasi, hal ini terkait dengan meningkatnya aliran darah saat berolahraga di pagi hari.

Selain dapat membuat asupan oksigen bertambah dan membuat otak lebih tajam, sebuah studi menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari akan membantu membakar lemak lebih cepat. Tentunya seperti sebelum melakukan sebuah olahraga di pagi hari pastikan anda melakukan latihan pemanasan terlebih dahulu guna meningkatkan suhu tubuh, supaya otot anda juga hangat. Selain itu hal ini juga mebmbuat anda terhindar dari hal yang biasa terjadi pada beberapa orang yang mengalami masalah dalam berolahraga pada pagi hari karena merasa lemah, pusing dan lemas dengan keadaan perut yang kosong.

Nah, jika hal ini terjadi pada anda cobalah makan makanan kecil sebelum berolahraga. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa berolahraga dipagi hari tidak cocok karena mereka merasa ketika baru bangun tidur otot masih terasa kaku dan gula dalam darah sangatlah rendah. Jika beranggapan seperti itu, keputusan yang tepat selain di pagi hari anda juga bisa melakukan olahraga di sore hari, ini merupakan waktu yang baik untuk berolahraga.

Olahraga tersebut berguna untuk melepas stress, kita juga merasa akan lebih bertenaga dan berenergi karena perut tidak dalam keadaan kosong sepenuhnya. Jadi anda bisa berolahraga dengan waktu yang lebih lama. Nah, lebih baik jika anda berolahraga antara pukul 14.00 hingga 18.00, dimana suhu tubuh berada pada posisi paling tinggi sebab saat itu enzim dalam tubuh juga bekerja lebih aktif. Olahraga di sore hari lebih baik bagi beberapa orang karena merasa badan mereka lebih siap dan suhu tubuh sudah meningkat, serta otot-otot lebih lentur untuk bergerak di banding pada pagi hari.

Manfaat olahraga di waktu-waktu tertentu

Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Pagi

Sebenarnya begitu banyak manfaat berolahraga, namun yang terpenting adalah konsisten, sehingga pemilihan waktu pagi atau sore sesuai dengan pilihan. Sebenarnya waktu yang tepat untuk berolahraga tersebut tergantung dari tujuan masing-masing setiap orang. Apapun pilihan waktu anda berolahraga, yang pasti lebih baik berolahraga dari pada tidak sama sekali. Berikut ulasan beberapa manfaat dan tips berolahraga diwaktu pagi dan sore hari, yuk simak.

Manfaat berolahraga di pagi hari

  1. Olahraga pagi dapat menyehatkan jantung.

Dengan berolahraga juga dapat mempengaruhi aktivitas jantung anda. Pada saat berolahraga hormon adrenalin akan meningkat sehingga jantung berdetak lebih cepat, hal ini sangat baik untuk menjaga fungsi jantung.

  1. Olahraga pagi dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Sinar matahari pagi yang kita tau memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari ini, di dalam tubuh diolah menjadi antibodi yang berguna untuk menangkal penyakit. Nah, sebelum pukul 9 pagi merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan sinar matahari.

  1. Terhindar dari resiko obesitas

Secara umum manfaat olahraga adalah untuk mencegah obesitas. Penelitian yang dilakukan Lara Carlson, PhD di America College Of Sport Medicine, yang menemukan bahwa saat olahraga pagi tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang mampu mengurangi nafsu makan.

  1. Meningkatkan daya konsentrasi

Meningkatknya kemampuan otak saat berolahraga juga memberikan manfaat lain bagi anda yakin mampu meningkatkan kekuatan otak sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi, dengan meningkatnya daya konsentrasi akan membantu untuk lebih waspada dan fokus dalam menjalankan aktivitas yang padat.

  1. Baik bagi penderita diabetes

Berolahraga di pagi hari sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Penelitian menemukan bahwa dengan berolahraga pagi bisa menurunkan kadar glukosa.

Tips berolahraga di pagi hari

  • Berolahraga antara jam 5-9 pagi
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan
  • Jangan langsung mandi setelah olahraga (istirahat selama 15-45 menit)
  • Berolahragalah secara rutin minimal 3 kali satu minggu.

Nah, itu merupakan manfaat dan tips olahraga di pagi hari. Lalu bagaimana dengan manfaat berolahraga di sore hari? Yuk simak pembahasannya juga mengenai latihan ketika sore hari di bawah ini.

Manfaat berolahraga di sore hari

  1. Memperkuat sendi dan tulang

Semakin sering anda menggerakkan kaki pada saat berlari, sendi akan semakin lentur. Sendi yang sering digerakkan dapat memicu suatu kelenjar untuk menghasilkan pelumas, yang membuat sendi semakin terbiasa dengan gerakan-gerakan harian. Begitu juga dengan tulang, semakin sering menggerakkan tulang maka menambah kelenturan tulang dan mengurangi potensi pengapuran tulang pada usia dini.

  1. Mencegah penyusutan volume otak

Beberapa peneliti mengatakan bahwa olahraga lari akan merangsang sel saraf dan pembuluh darah  untuk mencegah penyusutan otak di usia senja. Penyusutan otak ini mengganggu dan menyebabkan penyakit pikun pada orang tua, hal ini terbukti bahwa orang yang sering berolahraga di masa mudanya memiliki daya ingat lebih baik di hari tua dibanding orang-orang yang tidak pernah berolahraga.

  1. Mengurangi rasa nyeri menstruasi

Dengan berolahraga dapat mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi, mengapa? Sebab pada saat lari ada kelenjar yang menghasilkan hormon endorfin untuk menghilangkan rasa nyeri dan tubuh menjadi nyaman.

  1. Dapat mencegah kanker

Imun yang kuat akan menghambat sel-sel kanker malfungsi yang mengalami mutasi, sehingga berolahraga di sore hari secara rutin akan menghasilkan daya tahan tubuh yang lebih kuat dan mengurangi resiko terkena kanker.

  1. Membuat otot menjadi lebih besar

Otot merupakan penyatuan saraf-saraf yang elastis, dengan seiring tubuh bergerak  maka otot akan  berubah bentuk. Berolahraga  di sore hari dapat memicu otot untuk terus menerus melakukan kontraksi sehingga terbentuk otot yang besar.

Selain berbagai manfaat memilih waktu olahraga terbaik yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain yang di dapat baik itu ketika melakukan olahraga pagi sertar olahraga sore hari. Jadi kuncinya tetaplah lebih baik jika anda berolahraga di waktu pagi ataupun sore hari dengan dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms: