Kegunaan Asam Amino Dan Beragam Manfaatnya Bagi Latihan Otot

Kelebihan dan Mafaat Asam Amino untuk otot – Apa itu asam amino? Asam Amino merupakan sembarang senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan Amina (-NH2). Gugus Karboksil ini memberikan sifat asam, sedangkan Gugus Amina memberikan sifat basa. Kemudian, dalam bentuk larutan asam amino bersifat amfoterik yang berarti cenderung menjadi asam pada larutan basah dan menjadi basah pada larutan asam, mengapa demikian?

Perilaku ini terjadi di sebabkan asam amino mampu menjadi Zwitter-ion. Nah, asam amino ini nantinya berfungsi untuk membentuk protein yang akan diserap oleh tubuh atau bisa dikatakan sebagai penyusun protein. Asam amino sendiri terbagi menjadi tiga jenis yakni asam amino esensial, non esensial dan asam amino esensial kondisional.

Dikarenakan tubuh kita memerlukan asam amino untuk dapat bertahan hidup. Salah satu jenis yang dibutuhkan adalah amino esensial, tetapi untuk memenuhi kebutuhan tersebut juga membutuhkan asam amino non esensial, serta asam amino esensial kondisional yang anda butuhkan saat sakit, apa sih asam amino esensial, non esensial dan esensial kondisional itu? Berikut ini penjelasan lebihlengkap mengenai mafaat asam amino sestiap jenisnya.

Baca Juga :

Penjelasan Setiap Jenis Asam Amino Sesuai Kebutuhan

 

Asam Amino Esensial

yang pertama adalah asam amino esensial jenis yang ini yaitu merupakan asam amino yang tidak mampu disintesis oleh tubuh dan harus di peroleh dari asupan makanan, yang termasuk golongan ini yaitu

  • Arginin (sebagaian arginin di produksi oleh tubuh secara alami)
  • Isolusin (isoleucine)
  • Lisin (lisin)
  • Histidin (hitidine)
  • Leusin (leucine)
  • Metionin (methionine)
  • Fenilalanin (phenylalanine)
  • Valin (valine)
  • Triptofan (triptophan)

 

Jenis Asam amino esensial ini bisa diperoleh dari aneka makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Nah, lantas apa saja sih makanan yang mengandung asam amino? Ini dia.

  • Sayur : aprikot,  rumput laut, tomat, biji labu, labu kuning, kentang, seledri, persik, bunga kol, bit, peterseli, jamur.
  • Buah : apel, alpukat, mangga, semangka, pisang, pir, pisang, pepaya.
  • Susu : susu kedelai, yogurt
  • Daging : ayam, sapi, kambing, ikan, hati, daging merah, kerang, udang.
  • Kacang-kacangan : kedelai, kacang polong, kacang kenari, kacang almond, kacang mete, kacang tanah, gandum, kecambah, hazelnut, wijen.
  • Keju
  • Telur

Asam Amino Non Esensial

jenis asam amino yang kedua adalah “Asam Amino Non Esensial” Yakni merupakan asam amino yang mampu dihasilkan dan diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, yang termasuk golongan ini yaitu

  • Asparagin (asparagine)
  • Alanin (alanine)
  • Asam aspartat (aspartatic acid)
  • Asam glutamat (gultamaic acid)
  • Sistein (cysteine)
  • Serin (serine)
  • Glutamin (glutamine)
  • Prolin (proline)
  • Tirosin (tyrosine)

 

Asam Amino Esensial Kondisional

Yakni asam amino yang tidak penting untuk kehidupan sehari-hari, namun penting untuk anda ketika sakit, stres ataupun terluka yang termasuk golongan ini yaitu

  • Arginin
  • Sistein (cysteine)
  • Glutamin (glutamine)
  • Tirosin (tyrosine)
  • Prolin (Proline).

Berbagai Macam Manfaat Asam Amino Bagi Kesehatan

Fungsi dari asam amino sendiri adalah sebagai penyusun protein dan enzim yang merupakan dasar dari semua senyawa di saat proses metabolisme(terutama vitamin, hormon, dan asam nukleat).Dari fungsi tersebut terdapat sejumlah manfaat yang bisa kita ambil jika seandainya kebutuhan terhadap asam amino tidak tercukupi, terdapat beragam manfaat asam amino di antaranya yaitu,

1. Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan asam amino sangat baik untuk mengurangi stres sebagai penyebab penyakit jantung. Selain itu juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya ingat dan mampu membantu menghindari depresi.

2. Menjaga keseimbangan enzim dan hormon

Kekurangan asam amino dapat menyebabkan kekurangan enzim dan hormon di dalam tubuh, terutama hormon pertumbuhan. Asam amino ini berfungsi memicu pelepasan insulin sehingga akan dapat membantu menjaga tingkat keseimbangan gula darah. Sedangkan hormon pertumbuhan dapat membantu dalam proses pembakaran lemak menjadi energi dan meningkatkan perkembangan massa otot. Selain itu asam amino juga berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

3. Mencegah Kerontokan Rambut

Makanan yang banyak mengandung asam amino juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membantu mencegah kerontokan pada rambut. Tak hanya itu asam amino juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku.

Baca Juga :

Manfaat Asam Amino Bagi Latihan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Asam amino juga bermanfaat untuk latihan terutama dalam latihan pembentukan otot. Dari sekian banyak jenis asam amino yang ada asam amino non esensial glutamin merupakan yang paling banyak di produksi oleh tubuh, meskipun glutamin dapat diproduksi dalam tubuh tapi pasokan glutamin dari luar (suplementasi glutamin) tetap diperlukan untuk menjaga konsistensi perkembangan otot tubuh. Karena kadar glutamin akan cenderung menurun seiring intensitas latihan yang di lakukan, terutama pada saat latihan beban.

Oleh karena itu, menjaga kadar asam amino glutamin dalam tubuh mutlak diperlukan untuk menjaga proses perkembangan otot lebih optimal, salah satu caranya dengan mengkonsumsi suplementasi protein atau asam amino. Nah, berikut ini 4 manfaat asam amino bagi latihan otot.

 

1. Meningkatkan massa otot

Asam amino dapat membantu meningkatkan massa otot dan berat badan. Hal ini di sebabkan otot terbentuk dari protein yang terdiri dari bermacam asam amino baik esensial maupun non esensial. Semakin banyak otot terbentuk maka semakin sedikit ruang berlemak di dalam tubuh, dan ini sangat baik untuk kesehatan.

2. Mengurangi Asam Laktat

Selain berlatih tubuh membakar glukosa dan glikogen sebagai sumber energi. Proses ini menghasilkan asam laktat yang dapat membuat otot bersifat asam serta otot menjadi lelah dan tidak bertenaga. Glutamin ini berperan penting dalam menyeimbangkan kadar asam laktat tubuh dengan cara menghasilkan ion bikarbonat yang dapat menetralisir asam laktat, sehingga anda dapat berlatih lebih lama dan mendapatkan hasil maksimal.

3. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Setelah menggunakan suplementasi glutamin hormon pertumbuhan akan meningkat sebesar 440 persen. Hal ini akan membantu proses pembakaran lemak dan meningkatkan perkembangan massa otot

4. Mencegah Penyusutan Otot

Asam amino yang paling banyak terdapat dalam otot yakni BCAA (Branched  Chain Amino Acids) merupakan asam amino esensial  yang berarti tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri dan harus di peroleh dari asupan atau makanan.

Dampak Kekurangan Asam Amino

Secara umum kekurangan protein akan dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan sel dan jaringan pada tubuh, sehingga sistem tubuh tidak akan berjalan optimal. Sedangkan jika kekurangan asam amino spesifik juga akan menimbulkan dampak yang berbeda bagi tubuh. Semisal kekurangan asam amino arginin menyebabkan infertilitas (ketidak suburan) pada laki-laki, kekurangan histidin akan mengganggu kesehatan sel darah putih dan merah, kekurangan isoleusin akan mempengaruhi pembentukan hemoglobin, kadar gula darah dan energi.

Demikian informasi yang dapat senamsehat.com rangkum mengenai penjelasan manfaat dan kegunaan asam amino secara lengkap dengan penjelasan jenis dan macam asam amino dari sumber alami ataupun buatan, semua informasi ini didapatkan dari berbagai macam sumber penyedia untuk membantu para pembaca semua dalam pengetahuan lebih detail nya, Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk anda, Terimakasih.