Penjelasan Senam Aerobik dan Tips Melakukan Senam Aerobik di Rumah

Pengertian Senam Aerobik dan Tips Melakukan Senam aerobik  Apa sih maksunya senam aerobik ? kenapa kegiata senam ini cukup populer dan banyak yang melakukan nya ? istilah Aerobik berasal dari kata “aero” yang berarti Oksigen Menurut Jackie Sorensens, ilmuan asal Amerika Serikat ini memberikan nama kegiatan ini Tarian Aerobik pada awalnya, lalu ia menjelasakan bahwa Senam Aerobik adalah suatu program kesegaran jasmani lengkap dengan meliputi latihan dan kegembiraan yang mengekspresikan segala perasaan sepeti tertawa, melompat, menendang, jogging, meregang, bergoyang dengan mengkombinasikan gerakan dansa atau gerakan tarian tradisional, tari rakyat, tari kontemporer dan lain-lain.

Penjelasan Senam Aerobic

Tarian Aerobic ini pertamakali populer pada akhir tahun 1970 an di Amerika dengan seiring waktu pada tahun 1980 an masuk ke Indonesia dan populer dengan nama Senam Aerobik, tidak hanya orang dewasa bahkan anak-anak, remaja hingga lansia pun menggemari olahraga ini, oleh karenanya tidak jarang senam Aerobik di lakukan. Anda bisa melihat sendiri kegiatan senam ini setiap minggu diberbagai tempat keramaian seperti lapangan dan tempat-tempat lainnya yang dipimpin oleh seorang Instruktur senam aerobik.
Istilah Aerobik berasal dari kata “aero” yang berarti Oksigen, jadi dapat disimpulkan bahwa latihan aerobik adalah latihan yang menggunakan oksigen sebagai kerja utamanya. Pengertian Senam Aerobik itu sendiri adalah sistem latihan fisik yang memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen kedalam jaringan tubuh dengan memadukan serangkaian gerakan dan irama musik yang dipilih sesuai durasi waktu tertentu. Melakukan senam ini secara teratur dapat memperbaiki kinerja jantung dan paru-paru anda.
Selain itu Senam Aerobik ini memiliki manfaat besar bagi tubuh anda, salah satunya adalah untuk meningkatkan kondisi jantung agar berdenyut lebih stabil serta melatih otot-otot tubuh supaya lebih aktif selama berlatih, juga akan mebuat anda mendapatkan pembakaran lemak lebih cepat karena dorongan dari otot-otot yang lebih aktif dan mengencang, oleh karena itu berat badan secara bertahap akan turun. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari senam Aerobik ini, tentunya anda juga harus menjaga keseimbangan pola makan dan menu makanan yang di konsumsi.

Baca Juga :

Olahraga Senam memang menyehatkan dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena bisa membakar kalori dengan cepat. Selain dapat membakar lemak, dengan rutin melakukan senam Aerobik ini maka kolestrol pun akan lebih terkontrol sehingga kadar gula darah juga dapat lebih stabil. Tentunya ini merupakan hal yang di inginkan oleh semua orang.

Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuh

Senam aerobik ini asal anda ketahui, jika anda rutin dan suka melakukan senam aerobik anda bisa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu tidak sedikit orang yang menyukai senam ini. Dengan gerakannya yang cukup beragam ada yang keras dan ada pula yang ringan sehingga mudah dilakukan oleh semua usia. Berikut beberapa manfaat dari senam aerobik ini.

1. Meningkatkan fungsi jantung

Dengan rutin melakukan senam ini secara teratur akan membuat denyut jantung meningkat dan irama jantung lebih stabil. Senam aerobik ini merupakan olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi jantung, karena gerakannya yang mudah untuk dilakukan sehingga banyak orang yang suka dengan senam ini.

2. Meningkatkan kesehatan otot

Senam aerobik juga bisa mengurangi ketidak nyamanan yang dirasakan oleh penderita punggung dan nyeri otot kronis, pada dasarnya manusia sangatlah memerlukan oksigen guna membantu terhindar dari penyakit asam laktat atau limbah lainnya. Dengan melakukan senam ini akan membantu mendorong pembuluh darah sehingga menyediakan cukup oksigen dalam otot serta menjauhkannya dari berbagai limbah.

3. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Jika tubuh merasa lesu dan letih saat beraktivitas, anda bisa melakukan olahraga senam aerobik ini agar kembali berstamina dan mengembalikan daya tahan tubuh.

4. Meningkatkan mood dan mengurangi stres

Senam aerobik ini termasuk olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin sehingga memberikan rasa tenang dan sejahtera, selain itu senam ini juga dapat mengurangi stres yang di timbulkan oleh berbagai aktivitas serta kesibukan anda.

5. Mencegah Diabetes

Dengan melakukan olahraga Aerobik secara rutin ampuh untuk mencegah diabetes.

6. Membersihkan Arteri

Kolesterol jahat dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung. Nah, dengan melakukan senam aerobik ini dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus juga menurunkan LDL (kolesterol jahat)  yang terdapat di dalam darah.

7. Mengurangi tekanan darah tinggi

Latihan aerobik ini dapat melancarkan oksigen dan peredaran darah dalam tubuh. Itulah mengapa aerobik bisa mengurangi tekanan darah tinggi.

8. Mencegah penyakit

Senam aerobik merupakan senam kesehatan jasmani yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah resiko terkena berbagai penyakit seperti stroke, kolesterol, jantung bahkan penyakit kanker dan sebagainya.

9. Mengatasi Insomnia

Insomnia (sulit tidur) yang dapat di sebabkan oleh berbagai hal. Senam aerobik ini dapat membatu anda dalam mengatasi sulit tidur dan membuat anda lebih nyenyak untuk tidur.

10. Mengurangi berat badan

Senam aerobik dapat membakar kalori dengan cepat dan mampu mengurangi lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan anda. Bagi para wanita yang ingin menjaga tubuh anda tetap langsing ideal, senam aerobik merupakan pilihan yang tepat.

Panduan Melakukan Gerakan Senam Aerobik

Dalam melakukan latihan senam aerobik ini anda peru mengetahui juga gerakan – gerakan yang perlu di lakukan dari awal hingga sudah mencapai gerakan advance.Apa saja gerakan yang ada pada kegiata senam aerobik / Gerakan senam aerobik memiliki tiga aturan dasar yaitu :

1. Melakukan Gerakan Pemanasan

Pertama yang harus dilakukan saat senam aerobik ini adalah pemanasan, yakni persiapan emosional, psikologis dan fisik. Tujuan nya adalah untuk menaikkan denyut jantung, mempersiapkan otot-otot dan persendian, meningkatkan suhu inti tubuh dan sirkulasi cairan tubuh.

2. Melakukan Senam Aerobik Gerakan Inti Aerobik

Gerakan Inti adalah gerakan yang telah aktif dengan mengikuti alur tertentu. Gerakan ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh.

3. Melakukan Gerak Pendinginan

Gerak ini bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung supaya kembali mendekati normal. Pelaksanaan gerakan di lakukan secara bertahap dari intensitas tinggi ke intensitas yang rendah.

Tips Melakukan Semua teknik Senam Aerobik di Rumah

Nah, bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan rumah hingga tidak memiliki waktu untuk keluar rumah, pasti tidak ingin ketinggalan untuk melakukan senam aerobik ini, anda tidak perlu kawatir senam ini pun bisa dilakukan di rumah. Berikut ini adalah tahapan melakukan senam aerobik di rumah.


Untuk yang pertama adalah perenggangan otot-otot, sendim dan berbagai bagian lainya di tubuh untuk menghindari cedera atau keram saat melakukan senam aerobik. Pemanasan. Anda hanya perlu melakukannya dengan waktu sekitar selama 5-10 menit 

Bisa anda lihat : Gerakan Untuk Pemanasan

Apa saja Senam Aerobik Gerakan inti ?

lakukan sebanyak 2 x 8 hitungan, anda dapat melakukan gerakan ini kurang lebih selama 25-55 menit. Berikut ini beberapa jenis gerakan dalam senam aerobik.

  • Marching.
    Jalan ditempat dengan mengangkat kaki kira-kira setinggi betis, lutut di tekuk 90 derajat.
  • Jogging.
    Menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut.
  • Kicking.
    Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pinggang atau lebih.
  • Single Step.
    Gerakan kaki melangkah satu langkag ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuh bola, lutut tumpu agak di tekuk, kedua lutut merapat dan menghadap ke depan.
  • Double Step.
    Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuh bola kaki, posisi lutut kedepan, lutut kaki tumpu agak di tekuk.
  • Gripevire.
    Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.
  • Leg Curl.
    Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.
  • Heel Touch
    Gerakan menyentuh tumit kaki ke kanan, ke kiri atau ke depan dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu.
  • Pendinginan
    Gerakan terakhir adalah pendinginan. Lakukan juga peregangan untuk membantu mengembalikan otot pada kondisi normal, kurang lebih 5-10 menit saja.

Demikian informasi yang dapat senamsehat.com bagikan mengenai penjelasan senam aerobik dan tips cara melakukan senam aerobik di rumah dengan step-step gerakan yang benar, latihan senam ini dapat anda lakukan sendiri di rumah dengan cara melihat gambar atau video tutorialnya di internet untuk awal ehingga anda mengetahui gerakan senam aerobik secara baik, bukannya senam secara asal-asalan, salam sehat, semoga bermanfaat dan bisa anda bersemangat mempraktekan nya.

Incoming search terms: