Cara Berenang Yang Benar dan Macam-Macam Gaya Renang

Cara Berenang yang Benar dan Gaya dalam Renang – Pastinya anda semua sudah mengetahui mengenai kegiatan yang satu ini, mungkin sebagai salah satu ekstrakurikuler di sekolah ataupun mungkin pernah berlibur dengan berenang bersama keluarga. pastinya ada sebuah tempat yang berisi air dengan ukuran kolam renang yang sesuai dengan ukuran – ukuran tertentu. Berenang sendiri juga termasuk jenis olahraga air yang sangat populer dan juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Selain menjadikan tubuh sehat manfaat berenang juga dapat menimbulkan efek rileks baik di fikiran dan ditubuh sehingga sering juga dijadikan kegiatan terbaik untuk menghilangkan stres. Ketika anda berenang secara tidak langsung anda juga akan mengerahkan otot-otot yang ada di seluruh tubuh menjadi berfungsi, terutamanya di bagian otot tertentu yang berfungsi untuk membantu gerakan dalam gaya renang yang anda lakukan. Banyak yang berkata senang berenang dapat menambah tinggi badan, hal ini dikarenakan ketika berenang otot dan persendian juga ikut merenggang sehingga dapat menambah tinggi badan.

Baca Juga : 

Tapi juga perlu anda ketahui jika anda ingin menjadikan kegiatan ini sebagai olahraga berenang juga, anda akan menemukan beberapa kesulitan ketika melakukan nya. Ketika anda berenang bukan hanya menggerakan tubuh secara asal di dalam air, tetntunya ada gerakan tertentu atau yang lebih dikenal dengan gaya berenang. Tentunya anda harus mengetahui teknik dan gaya renang yang baik sebelum melakukan nya, jika anda belum tahu teknik nya tetapi langsung mencoba bisa jadi anda tidak akan bergerak ketika di dalam air atau bahkan bahayanya anda tidak akan bisa mengapung, jangan sampai hal ini menyebabkan anda tenggelam yah. nah kali ini senamsehat.com akan berbagi informasi mengenai beberapa macam-macam gaya berenang. 

Namun sebelum anda mengetahui apa saja gaya dalam berenang anda perlu mengetahui kalau ketika anda akan memulai berenang biasakan melakukan pemanasan ringan agar tidak terjadi keram ketika di dalam air, selain itu anda perlu menjaga keseimbangan dan jangan panik. Karena biasanya yang mendasari orang tidak bisa berenang dan gagal melakukan berbagai gaya dalam berenang adalah panik yang berlebih. Untuk awal memulai latihan gerakan berenang biasanya dimuai dari gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya katak, dan gaya punggung.  

Beberapa Teknik Gerakan dan Gaya Berenang yang Baik

1. Renang Gaya Bebas

Melakukan renang gaya bebas termasuk gerakan latihan yang paling mudah, renang gaya bebas ini adalah gerakan yang mudah dilakukan, sehingga banyak orang yang cukup menguasai gerakan ini, tetapi jika anda masih pemula anda bisa mengikuti step-step dan cara melakukan renang gaya bebas di bawah ini.

Cara melakukan renang gaya bebas :

  1. Lemaskan tubuh hingga posisi tubuh lurus mengapung pada permukaan air.
  2. Sebisa mungkin tubuh terangkat ke atas,
  3. Gerakkan tangan dan kaki secara simultan (bergantian)
  4. Tangan mengayuh ke depan dan kaki menendang ke belakang.
Sejarah renang Gaya bebas ini memiliki ide dari gaya dan teknik renang yang dilakukan hewan ketika berada di air, diantaranya seperti kucing, anjing, dan iguana yang menggerakan bagian kakinya secara simultan sehingga diterapkan pula menjadi tekhnik berenang dan menjadi gaya renang oleh manusia.
Tekhnik Cara bernafas yang dilakukan di renang gaya bebas ini adalah dengan cara mengambil nafas melalui mulut pada saat posisi tangan lurus kedepan sesaat sebelum mengayuh air dengan menolehkan wajah mengangkat ke kanan dan kiri.

2.  Renang Gaya Katak / Gaya Dada

Melakukan Renang gaya katak ini dengan mencontoh gerakan dan posisi katak ketika berenang, dengan melakukan tekhnik berenang ini anda akan berjalan kedepan lebih santai, tenang, dan ber irama. Gerakan renang gaya katak ini tidak memberikan gaya dorongan yang cepat, sehingga anda dapat lebih melatih konsentrasi ketika menyeimbangkan gerakan antara kaki dan tangan. Jika anda sedang stres gaya ini cocok juga untuk anda pakai ketika berenang  cara melakukan renang gaya katak ini yaitu,

Cara melakukan renang gaya katak :

  1. Posisikan tubuh berada pada permukaan air sama seperti melakukan renang gaya bebas.
  2. Posisikan kedua tangan lurus kedepan kepala dengan posisi telapak tangan terbuka, saling berhadaan.
  3. Lalu perlahan tarik tangan ke arah belakang seperti pada saat katak berenang. 
  4. setelah tangan sudah lurus menempel ke badan dan tidak menghasilkan dorongan lagi, maka gunakan kaki untuk menendang air ke belakang dengan cara yang sama seperti tagan, membuka dan menutup.

Melakukan renang gaya katak ini termasuk susah – susah gampang, karena anda harus bisas melatih irama tangan dan kaki anda secara bergantian agar anda tetap dapat melaju di dalam air, coba perhatikan gerakan katak ketika berada di dalam air untuk ebih jelas nya.

3. Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung ini adalah tekhnik renang yang cukup rumit jika
anda belum bisa melakukan 2 macam gaya renang di atas, karena akan ada
perpaduan tangan untuk meberikan dorongan. Perbedaannya adalah melakukan
renang gaya punggung ini bagian punggung saja yang berada pada
permukaan air, sedangkan bagian tubuh lainya memberikan dorongan agar
punggung tetap bertahan di atas.  Cara melakukan renang gaya punggung ini lebih baik anda latih sebelum mencoba nya di kolam yang dalam.

Cara melakukan renang gaya punggung:

  1. Posisikan tubuh hingga kepala lurus, dan memposisikan punggung siap melaju.
  2. Gunakan tangan untuk mengayuh air. mendorong bagian tubuh mundur
  3. Seimbangkan gerakana kaki untuk mendorong air, dan mempertahankan kecepatan.

4. Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya yang terakhir ini terbilang cukup susah untuk pemula, karena akan membutuhkan tenaga yang cukup besar di setiap gerakan dan tenaga utama dari area tangan. Gaya renang kupu – kupu ini lebih banyak digunakan oleh para atilt dan mereka yang sudah berlatih renang untuk kejuaraan dan lomba.Gaya renang kupu-kupu ini awalnya terinspirasi dari gerakan kupu-kupu ketika terbang dan bergerak dengan cara mengepak kan kedua sayap secara bersamaan.

Cara melakukan renang gaya kupu-kupu :

1. posisikan tubuh dengan tepat ketika melaju lurus
2. lalu angkat lengan anda, karena gaya ini bertumpu pada kekuatan otot lengan
Itulah 4 gaya dalam renang yang dapat anda lakukan.

Demikian pembahasan mengenai Cara berenang dan tekhnik Gaya Olahraga Berenang , sebenarnya semua gerakan tersebut dapat anda lakukan dengan cara melatih dan berusaha terus menerus untuk dapat melaukan gaya dengan sempurna, semoga dapat membantu memotivasi anda agar sehat dengan berenang, dan  Jika dirasa anda sudah mahir dalam berenang barulah pelajari gaya renang yang lebih sulit lagi.

Incoming search terms:

/* */