5 Bahaya Bangun Tidur Langsung Mandi Untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya bangun tidur langsung mandi untuk kesehatan – Tidur merupakan tahap dimana tubuh mengalami fase istirahat sehingga otak juga tidak sepenuhnya bekerja. Sesaat bangun tidur biasanya orang akan langsung menuju kamar mandi atau buru - buru beranjak. Hal sepele itu ternyata berpotensi mendatangkan gangguan kesehatan tubuh yang diakibatkan tidak lancarmya peredaran darah.


Cara mudah untuk mengantisipsi hal - hal yang tidak diinginkan yaitu dengan memberikan waktu bagi tubuh tetap berbaring lalu duduk perlahan. Hal ini dapat meminimalisir gejela postural hipotensi.
Kesalahan yang paling sering dilakukan ialah terbangun seketika untuk bergegas mandi. Tubuh yang langsung terguyur air ketika bangun tidur akan menyebabkan kagetnya saraf - saraf tubuh yang dapat memicu gangguan berbahaya pada kesehatan tubuh.

5 bahaya bangun tidur langsung mandi berikut ini :

1. Tekanan Darah Tidak Stabil

Kondisi tubuh ketika tidur akan berada pada posisi rileks dimana tekanan darah akan tersuply dengan merata keseluruh bagian tubuh terutama otak. Ketika terbangun dari tidur lalu langsung beranjak mandi maka darah akan menuju kaki secara mendadak. Akibatnya kinerja dan fungsi refleks sistem saraf yang mengendalikan organ tubuh akan teraganggu.

2. Tubuh Gagal Merespon

Ketika kondisi tubuh berada pada keadaaan yang baik maka mandi yang dilakukan secara langsung ketika bangun tidur tidak akan menunjukan gejela gangguan secara langsung, karena sistem tubuh mempunyai sirkulasi serta kekebalan yang tangguh. Namun kondisi tersebut biasanya tidak bertahan lama sehingga nantinya juga berpotensi menyebabkan kegagalan tubuh dalam merespon kondisi tubuh seperti munculnya rasa pusing, keringat dingin, pandangan kabur dan rasa lelah lesu serta kesemutan pada bagian tertentu.

3. Jantung Berdebar Lebih Kencang

Tekanan darah yang tidak stabil dapat menyebabkan minimnya supply darah menuju otak dan jantung. Hal ini sering mengakibatkan rasa pusing serta berjalan dengan tidak seimbang ketika beranjak dari bangun tidur langsung mandi. Sel - sel khusus atau barorecepators yang terdapat berada disamping jantung dan artetri yang terdapat pada leher akan berusaha menurunkan tekanan darah.

Proses penetralan dapat dilakukan dengan cara memompa darah lebih banyak, guna menstabilkan kembali tekanan darah agar normal kembali. Dampak dari proses ini yaitu adanya debar jantung yang lebih kencang dari biasanya.

4. Dislokasi Tulang pinggul

Diskolasi tulang pinggul merupak gejela dimana tulang pinggul mengalami pergeseran pada tempat yang tidak seharusnya. Sering kali peregeseran ini diakibatkan benturan keras pada tubuh. Namun tidak menutup kemungkinan dengan gaya hidup yang salah seperti langsung beranjak ketika terbangun dari tidur juga berpotensi terancam dislokasi tulang pingul. Sebaiknya jangan terburu - buru beranjak dari tempat tidur untuk mandi, berikan jeda waktu sebentar bagi tubuh untuk berfungsi secara normal kembali.

5. Kematian Mendadak

Untuk sebagian orang yang mempunyai keterbatasan waktu untuk istirahat atau tidur sebaiknya tidak mandi pagi harinya, Misal dalam Semalam Anda hanya mempunyai waktu istirahat hanya satu jam maka sebaiknya jangan terburu - buru mandi setelah bangun tidur.

Kondisi tubuh yang bekerja terus - menerus akan mengakibatkan suhu bagian tubuh dalam mengalami pemanasan sehingga ketika secara mendadak tersiram air yang dingin akan menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil yang disebabkan penurunan suhu tubuh secara spontan. Jika daya tahan seseorang berada pada kondisi yang kurang baik dapat menyebabkan kematian mendadak akibat serangan jantung.

Hal yang Harus Dilakuan Setelah Tidur Berikut ini :

Untuk menghindari hal - hal yang tidak di inginkan sebaiknya kita mengetahui pencegahan yang tepat. Berikut ini ialah hal - hal yang harus di lakukan setelah bangun tidur :

1. Biarkan mata Anda terbuka seutuhnya dan tetaplah berbaring beberapa saat.
2. Duduk ditempat tidur dan tarik nafas dalam - dalam untuk merelaksasi tubuh.
3. Lakukan peregangan ringan sebelum beranjak bangun.
4. Minum segelas air putih guna membantu merangsang sistem saraf dan melancarkan kinerja sistem pencernaan tubuh.
5. Setelah tekanan darah dalam tubuh telah seimbang, mandi dapat mengembalikan kebugaran dan kesegaran tubuh.
6. Lakukan olah raga sederhana seperti berjalan santai atau senam untuk peregangan otot - otot kaki.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 5 bahaya bangun tidur langsung mandi untuk kesehatan. Semoga membantu dan bermanfaat. 
Terima Kasih...