4 Olahraga Terbaik Untuk Pernapasan

Olahraga terbaik untuk pernapasan – Teknik pengaturan pernapasan yang baik dapat menjadi penentu ketangguhan seseorang dalam sebuah olahraga. Menurut penelitian, otot – otot untuk pernapasan yang dilatih dengan baik mampu meningkatkan performa hingga 15% lebih baik. Itu berarti, catatan waktu yang lebih cepat bagi seorang perenang atau jarak tempuh yang lebih jauh bagi seorang pelari. Dan, itu bisa diperoleh dengan melakukan latihan – latihan berikut ini.

Baca Juga : 

Beberapa Pilihan Latihan Untuk Melatih Pernapasan

1. Melatih Nafas dengan BerLari


Ketika melakukan latihan kardio, 80% dari latihan tersebut dilakukan oleh diafragma.  Sebuah penelitian menemukan bahwa memperkuat diafragma dapat memaksimalkan pernapasan, yang berujung pada peningkatan daya tahan. degan berlari anda juga akan mendapatkan hal tersebut sehingga perlu untuk dicoba lakukan secara rutin tiap hari dengan waktu latih yang terus ditingkatkan.

2. Berenang


Mencoba melatih pernapasan dengan berenang merupakan langkah awal baik untuk memulai, tapi terlalu cepat menarik napas tidak akan menghasilkan apa – apa. Sebuah studi menemukan bahwa para perenang yang mengurangi frekuensi bernapas berhasil meningkatkan suplai oksigen ke otot. Perkuat kapasitas paru – paru dengan meningkatkan jumlah hitungan per satu tarikan napas. Coba secara bertahap hingga Anda mampu melakukannya dalam 8 hitungan.

3. Bersepeda

Bersepeda pada dasarnya menggunakan teknik yang sama, yaitu satu dorongan panjang, menarik napas secara cepat dan dalam sebelum mengeluarkannya perlahan – lahan. Selain itu gunakan teknik angkat beban dengan menggunakan teknik pernapasan yang panjang dan lambat ketika berlatih beban.

4. Sepakbola

VO2 maksimal mengukur seberapa cepat paru – paru mengganti karbondioksida dengan oksigen, sekaligus menunjukkan seberapa cepat darah mengalirkan oksigen ke otot. Tingkatkan VO2 maksimal Anda dengan menerapkan metode High-Intensity Interval Training (HIIT). Metode ini menggabungkan berbagai macam kondisi dari mulai sprint, jogging, berjalan hingga istirahat.

Cara  penerapan metode ini adalah dengan berlari 150-200 meter dalam kecepatan penuh, kemudian dilanjutkan dengan jogging dan berjalan selama dua menit. Setelah itu kembali sprint 150-200. Pola ini diulang dalam 4-6 kali repetisi. Pola tersebut bukan pola yang baku, jumlah repetisi serta lamanya istirahat tergantung pada masing – masing individu.

Nah itulah 4 pilihan olahraga terbaik untuk dapat melatih pernapasan yang patut untuk dicoba, Selain dapat meningkatkan stamina fisik, bernapas secara garis besar juga berperan penting untuk menurunkan stress dan daya tahan tubuh anda. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Incoming search terms: