Latihan Plank Untuk melatih Otot Perut

Melatih otot perut dengan gerakan plank - Menguatkan otot perut merupakan salah satu pilihan latihan terfavorit, selain dapat membentuk perut menjadi sixpack bentuk tubuh(perut) pun menjadi lebih ideal. Berbagai macam pilihan latihan untuk membentuk dan melatih perut ini bisa anda pilih, tetapi yang kali ini akan di bahas oleh senamsehat.com yaitu gerakan Plank.


Latihan Plank Untuk melatih Otot Perut


Melatih otot perut juga bisa membantu anda untuk mendapatkan keseimbangan tubuh yang lebih kuat, bagian perut merupakan pusat/tengah yang biasanya sering mengikuti kegiatan latihan lain nya, seperti push up, pul up, sit up, dan banyak lagi. Ketika perut anda sudah terlatih makan gerakan - gerakan tersebut akan semakin ringan anda lakukan.

Baca juga :

Salah satu manfaat plank lainya adalah mengencangkan perut terutama bagi anda pria atau wanita yang menginginkan bentuk perut rata akan semakin cepat terwujud jika anda berolahraga dan melakukan gerakan plank. Ketika anda melakukan latihan plank ini kekuatan otot bahu, lengan dan paha bagian depan yang lebih anda andalkan. Berbagai macam gerakan latihan plank ini bisa menjadi pilihan latihan plank anda tentunya setiap gerakan memiliki hasi khusus di salah satu otot.

Berbagai Macam Pilihan Posisi Latihan Plank : 

1. Plank Standart
Latihan Plank Untuk melatih Otot Perut

Plank standar merupakan gerakan plank dasar yang mudah dilakukan. Posisi tubuh seperti akan melakukan push up. Cara melakukan gerakan plank standart ini ialah kedua telapak tangan terbuka dan menempel  di lantai dan tangan lurus, posisi tubuh dari kepala sampai kaki lurus, dan ujung kaki menjadi tumpuan nya. posisi bahu hingga telapak tangan harus lurus, jika bisa melakukan gerakan latihan plank standart ini selama mungkin karena ini termasuk gerakan yang dasar.

2. Elbow Plank

Latihan Plank Untuk melatih Otot Perut


Gerakan Elbow plank ini hampir sama dengan standart plank, perbedaan nya tumpuan pada telapak tangan diganti menjadi menggunakan sikut. Gerakan Elbow plank ini akan lebih terasa karena berat badan tubuh lebih turun. Anda harus tetap mempertahankan posisi tubuh lurus dari kepala hingga ke kaki, dan ujung kaki dan jari-jari tetap jadi tumpuan. lakukan gerakan elbow plank ini sekuat anda, atau minimal nya selama 30 - 60 detik.

3. Single arm plank

Latihan Plank Untuk melatih Otot Perut

Gerakan plank yang ini merupakan pilihan lain yang lebih berat ketika anda sudah dengan mudah melakukan kedua gerakan plank diatas. Single Arm Plank ini dilakukan dengan posisi standart plank tetapi salah satu tangan di angkat lurus mengikuti badan, dan satu tangan tetap menjadi tumpuan gerakan plank. lakukan gerakan single arm plank ini sekuat anda, atau minimal bisa di awali dengan menlakukan nya selama 30 - 60 detik.

4. Single leg plank


Gerakan latihan plank yang ini mungkin berlawanan dengan gerakan single arm plank cara melakukan gerakan single leg plank ini tangan mengikut elbow plank tetapi satu kaki di angkat dan bertumpu pada satu kaki saja. Bisa anda awali dengan melakukan gerakan elbow plank dan jika dirasa sudah imbang anda bisa mengangkat salah satu kaki.

5. Side plank

Latihan Plank Untuk melatih Otot Perut

Salah satu pilihan latihan plank terfavorit adalah side plank, manfaat latihan side plank ini dapat banyak membakar kalori dan lemak tubuh anda, terutama lemak di bagian kanan atau kiri perut yang cukup susah untuk di hilangkan. posisi tubuh ketikan melakukan side plank ini berbeda dengan gerakan plank lain nya. posisi tubuh miring kesamping, badan tetap lurus dari kepala ke kaki. tumpuan ada pada samping sikut dan teapak kaki. Melakukan gerakan ini anda bisa berbaring menghadap samping lalu mengangkat tubuh secara perlahan dengan posisi tangan lurus ke atas.

Itulah dia berbagai pilihan latihan dengan gerakan plank yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan otot perut yang kuat dan juga akan membuat perut semakin rata, dan kencang. Biasakan ketika anda melakukan latihan plank ini otot/bagian perut anda tahan, dan ketika sudah melakukan set pertama tambah waktu 20 detik pada sesi selanjutnya, semoga bermanfaat.