Pilihan Gerakan Pemanasan Atau Warming Up Sebelum Berolahraga

Tips Melakukan Pemanasan - pemanasan merupakan bagian dari serangkaian latihan olahraga. Melakukan pemanasan sebelum olahraga sangatlah penting. Ini dikarenakan saat melakukan olahraga baik berat maupun ringan otot memerlukan penyesuaian. Selain itu dengan melakukan pemanasan akan lebih mengurangi resiko cedera ketika sedang berolahraga. Selain itu gerakan pemanasan juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Lancarnya aliran darah ke otot ini dapat mencegah kekakuan dan nyeri.

Cara melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga
Cara melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga
Jika Anda memulai segala latihan dan olahraga yang akan anda lakukan tanpa melakukan pemanasan, tubuh anda akan susah untuk menyesuaikan latihan dengan sempurna. Hal pertama, tubuh yang masih kaku memungkinan tidak maksimal nya gerakan dalam berolahraga. Pasalnya, tubuh Anda belum cukup panas dan lentur untuk bekerja secara optimal. Masalah kedua, jika Anda cedera karena tidak melakukan pemanasan, proses penyembuhannya pun akan berlangsung lama. Masalah utama nya jika Anda berolahraga tanpa pemanasan juga akan berakibat buruk pada jantung Anda. Berikut jenis-jenis pemanasan sebelum olahraga.

Baca Juga : 

Pemanasan telah berhasil dilakukan apabila ditandai dengan munculnya keringat karena naiknya suhu tubuh. Detak jantung juga semakin lebih cepat sehingga pasokan oksigen ke dalam otot menjadi lebih banyak. Sehingga tubuh Anda lebih kuat, siap dan leluasa dalam bergerak. Berikut ini beberapa gerakan pemanasan.


Gerakan - Gerakan pemanasan sebelum berolahraga :

Berjalan kaki

Sebelum Anda memulai olahraga, lakukan pemanasan minimal jalan kaki beberapa langkah. Hal ini sangat membantu dalam proses persiapan tubuh Anda untuk melakukan gerakan fisik secara intens.

Putar dan Peregangan

Cara melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga

Tujuan utama dari gerakan ini adalah untuk melonggarkan dan meregangkan bagian tubuh Anda dengan cara yang lembut. Mulailah dari kaki ke tangan, atau sebaliknya.Cobalah untuk meregangkan semua bagian tubuh Anda secara perlahan. Putar tangan dan pergelangan tangan. Selain itu, jangan lupa untuk memutar pinggang Anda dengan lembut searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

Jogging di Tempat

Cara melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga

Lakukan jogging di tempat selama beberapa menit. Cara ini akan mulai memompa jantung Anda sehingga tubuh Anda akan siap dalam menjalani aktivitas fisik yang berat.

Jumping Jack

Lakukan jumping jack setidaknya 25 kali. Gerakan ini akan mempersiapkan tubuh Anda dengan memanaskan sistem yang ada dalam tubuh. Lompatlah tinggi-tinggi dan lakukan dengan penuh semangat sehingga tingkat antusiasme Anda semakin terdorong.

Squats Tanpa Beban

Lakukan squad tanpa beban beberapa repetisi. Gerakan ini akan menghangatkan kaki Anda dan membuatnya siap untuk latihan. Di samping itu, kaki Anda akan siap untuk menghadapi olahraga intens.

" Tips: Jangan Berlebihan "

Pemanasan berbeda dengan latihan inti, oleh sebab itu jangan berlebihan. Jika Anda terlalu memaksa maka tubuh akan cepat lelah sehingga saat melakukan latihan inti tenaga Anda sudah terkuras habis. Lakukan pemanasan yang cepat, to the point dan yang menghemat energi.

Manfaat Pemanasan

Berikut ini beberapa manfaat pemanasan yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan
dengan baik dan benar :

  • Dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam aliran darah
  • Dapat meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal syaraf yang memerintah gerakan tubuh
  • Dapat meningkatkan reaksi otot dalam melakukan latihan
  • Dapat mengurangi ketegangan otot
  • Dapat meningkatkan kelenturan tubuh saat latihan
  • Dapat mengurangi risiko cedera latihan


Apapun bentuk olahraganya saat menurunkan berat badan atau mengecilkan perut sebaiknya jangan tinggalkan pemanasan. Karena pemanasan yang baik dapat memberikan hasil yang lebih maksimal pada bagian tubuh yang Anda latih. Itulah gerakan pemanasan agar otot tidak tegang dan stress. Setelah olahraga inti sudah selesai, lakukan pendinginan Karena pada proses pendinginan dapat mempercepat pemulihan resiko pegal-pegal dan kelelahan setlah berolahraga.